Membuat Yogurt Sendiri di Rumah

Manfaat Yogurt

Yoghurt atau yoghurt merupakan produk susu fermentasi yang mengandung banyak gizi. “Kandungan probiotik alami di dalam yogurt dapat menjaga kesehatan usus, dari bakteri berbahaya yang bisa menyebabkan diare, kembung dan sembelit. Probiotik juga dapat memusnahkan bakteri berbahaya yang berpotensi menimbulkan kanker” (sumber : food.detik.com).

Cara membuat Yogurt sendiri

Banyak orang yang penasaran bagaimana cara membuat yoghurt sendiri di rumah? Sebagian mereka khawatir gagal dalam proses pembuatan yoghurt. Terlebih lagi yoghurt melibatkan bakteri baik dalam proses pembuatannya. Selain itu, banyak masyarakat yang juga bingung peralatan apa yang harus digunakan.

Pada kesempatan ini, akan dijelaskan cara membuat yoghurt sendiri di rumah dengan peralatan sederhana yang dapat dijumpai di rumah. Sebenarnya prinsip membuat yoghurt itu mudah, hanya ada 3 tahap dalam proses pembuatan yoghurt, Proses pasteurisasi, inokulasi, dan inkubasi. Bahan yang dibutuhan adalah susu sapi dan starter bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus. Alat yang dibutuhkan panci stainless, kompor, toples, dan sendok.

Tahap pertama, pasteurisasi yaitu proses membunuh semua mikroorganisme yang ada di dalam susu. Caranya panaskan susu dengan menggunkan panci sampai suhu 85 derajat celcius atau sesaat sebelum mendidih. Setelah itu masukan susu panas kedalam toples tahan panas. Tutup dan diamkan sampai suhu 45 derajat atau ruam kuku.

Tahap berikutnya, setelah suhu ruam kuku, masukan bakteri dengan jumlah sekitar 2-5% dari volume yang dibuat. Cara memasukan, pastikan kondisi ruangan bersih dan tidak ada bau yang menyengat. Kemudian, masukan starter dan diaduk. Setelah diaduk, tutup toples rapat. Terakhir, diamkan susu tersebut selama 20 -24 jam dalam suhu ruang. Jangan diletakan di terik matahari. Setelah 20 jam, maka yoghurt siap di tambah gula dan sirup.

Ciri Yogurt berhasil dibuat

Bagaimana tanda yoghurt itu jadi? yoghurt yang bagus, terlihat solid, tidak ada bau dan air yang terpisah. Tidak ada gelembung. Jangan mengkonsumsi yoghurt yang terlihat aneh atau berbau menyengat.

Untuk memenuhi kebutuhan yoghurt harian anda, tidak perlu khawatir dan ribet untuk membuat sendiri yoghurt. Apalagi ada resiko kegagalan yang dapat membahayakan keluarga anda. Cukup pesan ke kami, maka yoghurt yang kental dan enak bisa anda dapatkan. Kami berpengalaman lebih dari 7 tahun dalam pembuatan yoghurt, serta diawasi oleh ahli mikrobiologis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *